Menjalankan Bisnis Franchise Kopi Agar Menguntungkan

Menjalankan Bisnis Franchise Kopi Agar Menguntungkan

Beberapa orang menjalankan bisnis justru akan lebih memilih untuk menjalankan bisnis franchise dibandingkan dengan usahanya sendiri dari awal. Sekarang sudah banyak sekali berbagai macam bisnis yang menawarkan bisnis franchise, mulai dari minimarket, supermarket, toko elektronik, rumah makan kecil, kedai minuman, hingga franchise kopi.

Banyak sekali alasan mengapa orang lebih memilih bisnis franchise. Ada yang mungkin memilih bisnis ini karena tampak lebih mudah dan ada yang memilihnya karena sadar adanya kemungkinan memperoleh dukungan operasional atau pemasaran dari franchisor. Apalagi bisnis franchise kopi yang berjalan lancar tentu akan mendapatkan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Cara Menjalankan Bisnis Franchise Kopi

Kopi merupakan hal yang paling menggugah selera hampir semua orang yang ada di dunia. Selain kopi bisa mencegah rasa ngantuk, kopi juga bisa meningkatkan energi. Jika anda seorang yang ingin membuka usaha anda dapat mencari franchise kopi dan dapat memanfaatkan minat masyarakat menjadi keuntungan yang berlipat. Jika anda ingin memulai menjalankan bisnis franchise tapi belum paham bagaimana cara untuk memulainya dan apa saja yang harus dilakukan. Maka berikut akan kami sampaikan bagaimana langkah-langkah yang harus anda tempuh dalam menjalankan usaha ini.

1. Tentukan Konsep Bisnis

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menguasai pasar bisnis kopi yang saat ini semakin menjamur adalah membuat konsep yang kuat. Anda harus bisa membuat konsep bisnis original dan seunik mungkin. Sebaiknya jadikan konsep bisnis ini sebagai pembeda antara kedai anda dengan kedai lain. Anda harus mencari franchisor yang memiliki ide kedai kopi yang belum ada di kota atau negara lain. Dengan begitu, anda bisa menghadirkan sesuatu yang baru. Masyarakat tentu akan sangat tertarik dengan konsep kedai kopi yang unik dan tidak dapat ditemukan di manapun.

2. Target Konsumen

Menyesuaikan target pasar menjadi kunci sukses di dalam menjalankan sebuah bisnis. Target konsumen atau target pasar bisa mempengaruhi konsep bisnis dan berapa besar modal yang dibutuhkan. Saat anda bisa memahami konsumen, maka dari sini anda bisa menentukan strategi apa yang paling tepat untuk dijalankan. Mulai dari desain coffee shop yang cocok, lokasi bisnis, harga dan lain sebagainya.

Anda wajib untuk merancang secara matang siapa target pelanggan anda nantinya. Siapa yang nanti akan jadi customer prioritas dari usaha franchise kopi ini. Dan berapa penghasilannya serta bagaimana mereka menganggap cita rasa sebuah kopi. Dari manakah customer anda berasal, apakah kalangan mahasiswa, kaum borjuis, karyawan, pekerja kantoran atau mereka yang merupakan para penikmat kopi.

Dengan memahami seperti apa sikap pelanggan, ini bisa membantu anda untuk mengkonsep teknik selanjutnya. Misalnya desain kafe yang sesuai, Lokasi yang tepat, juga harga yang tepat untuk kopi. Jika modal anda kecil serta menyasar konsumen golongan menengah ke atas, anda bisa mencari investor yang mau membiayai bisnis anda.

3. Tentukan Lokasi Usaha Anda

Untuk menentukan lokasi strategis untuk memulai usaha franchise kopi, tempat menjadi penentu hidup matinya bisnis yang dijalankan. Misalnya jika anda menerapkan konsep kedai kopi, maka anda harus memilih yang selalu berdekatan dengan orang, dengan lokasi yang ramai dan mudah dijumpai.
Selain itu juga, jika anda ingin merancang bisnis waralaba kopi ini dengan konsep kafe, ini bisa sangat membantu. Jika lokasi yang diperoleh adalah lokasi yang bersinggungan dengan mall, kantor, sekolah dan lainnya. Sementara itu, bila anda ingin memanjakan lidah para penggemar kopi di sebuah tempat yang rileks, maka anda bisa memilih lokasi yang berada di tempat rekreasi.

4. Dapatkan Vendor

Ini adalah sebuah hal yang krusial yang kadang sering diremehkan. Jika anda membuka kedai kopi untuk sasaran pelanggan kelas menengah ke bawah, anda tidak perlu kesulitan untuk mendapatkan vendor. Karena banyak penjual kopi yang ada di pasar dan banyak yang membelinya.

Tetapi jika sasaran anda adalah golongan kelas menengah ke atas, maka bila anda ingin mendapatkan keuntungan hingga jutaan perhari, anda harus bisa mentarget pelanggan pelanggan yang bersedia membeli mahal. Mereka yang pantas menikmati kopi terlezat yang pernah ada. Anda dapat berkunjung ke berbagai tempat mencari kopi yang pas, anda bisa melakukan hal itu dan itu merupakan biaya riset yang wajib untuk anda jalankan.

5. Memberikan Pelayanan Terbaik

Selalu memberikan pelayanan yang menyenangkan dan ramah dapat menjadi sebuah hal yang mendukung saat anda menjalankan usaha ini. Hal ini memberikan nilai plus tersendiri pada pelanggan sehingga para pelanggan akan suka untuk membeli kopi di tempat anda. Ini juga dapat menjadi sebuah prestasi yang sulit didapatkan customer dari usaha franchise kopi lainnya.

Sebaiknya jadikan bisnis anda ini menjadi bisnis yang memuaskan para pelanggan. Sebab hal ini dapat menjadi feedback luar biasa ketika para konsumen merasa puas. Di samping memberikan pelayanan berkualitas dan ramah, serta sopan, anda juga wajib memperhatikan kesempurnaan lokasi yang anda gunakan untuk usaha kopi ini.

6. Tentukan Cara Marketingnya

Untuk marketingnya, ada bisa memanfaatkan berbagai cara. Seperti dengan menggunakan media online maupun offline. Jika anda sudah mengelola konsep bisnis offline, anda juga dapat mengoperasikan media online untuk menawarkan usaha kopi yang sedang anda jalankan. Hal ini bisa membuat bisnis anda semakin ramai dan banyak pelanggan nya, karena saat ini perkembangan sosial media sangatlah berpengaruh terhadap sebuah bisnis, termasuk bisnis kedai kopi.

7. Menyajikan Kopi Terbaik

Untuk bisa menyajikan kopi terbaik anda bisa belajar dari berbagai sumber. Menjadi barista atau peracik kopi harus berlatih dengan serius, tidak dapat asal-asalan. Pelatihan barista juga memakan biaya yang cukup besar. Tapi anda juga bisa menjadi barista secara otodidak dengan belajar dari internet, belajar dari barista lain atau dari buku panduan.

Anda bisa menggali berbagai macam situs tentang kopi ada banyak ilmu tentang barista yang tersebar di internet. Jika anda sering nongkrong di kedai kopi anda bisa memanfaatkan hobi anda untuk belajar menjadi barista. Anda bisa sering-sering berkunjung ke kedai kopi dan mengintip bagaimana cara barista profesional dalam meracik kopi yang akan disajikan.

Anda bisa mencuri ilmu sebanyak-banyaknya dan menanyakan bagaimana tips dan trik untuk meracik kopi yang diberikan pada pelanggan yang ada di sana.

Selain mencari informasi melalui internet dan belajar dari barista, anda juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan tentang kopi dengan membaca buku kopi. Buku yang ditulis oleh praktisi dan ahli bisa membuka wawasan dan pastinya menambah ilmu ke barista an. Bila anda masih kurang jago, tandanya anda kurang latihan anda harus berlatih terus-menerus sebab keahlian bisa diasah seiring waktu.

Dengan mengetahui bagaimana cara menjalankan bisnis franchise kopi yang tepat, maka kami yakin bahwa bisnis anda bisa berjalan dengan lancar. Jika anda mencari penyedia franchise kopi terbaik, anda bisa bergabung dengan Waralabakopi.id. Waralabakopi.id menjadi pilihan terbaik untuk franchise kopi kenian yang bisa menjadi mitra anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *